Langsung ke konten utama

PROUDLY PRESENT … GENGGONG!



(Cerpen ini pernah dimuat di majalah Say, Juni 2010)
Oleh Ryu Tri & Irvan Aqila
Hati-hati dengan kotak ajaib di rumah kita! Itu kata guru penulis di SD dulu. Ternyata nasihat itu bener adanya. Televisi atau yang biasa disebut TV memang kini menjelma sebagai kotak penghipnotis yang jitu dan ulung. Nggak percaya? Coba aja survey, ’95 persen dari gaya hidup yang dipakai anak remaja sekarang semuanya mereka jiplak dari yang namanya TV’. Tuh kan?! (Hehe, padahal gue ngasal aja nih :p)
Dan itu juga yang kini sedang melanda SMU 55 sekarang. Khususnya dedengkot-dedengkot OSIS mereka. Bayangkan, akibat sebuah tayangan yang saat ini sedang diputar di sebuah stasiun tv swasta dan lagi happening, yakni sinetron yang menceritakan geng-gengan remaja, dedengkot OSIS SMU 55 jadi ikut kerasukan roh sinetron tersebut. Mereka tiba-tiba aja nekat ingin membuat lomba bertemakan ‘geng-gengan’ seperti yang ada di sinetron itu di sekolah mereka. Hiyyah …
“Kalo menurut sayah mah, mendingan kita bikin ajah lomba geng. Gimana?! Biar seruh getoh!” usul Deden dengan logat sundanya yang digaul-gaulin gitu, yang sumpah, malah bikin eneg kuping yang denger.
Wawan sang ketua OSIS, yang masih satu spesies sama Deden (maksudnya sama-sama asli sunda), manggut-manggut ngedenger usulan anggotanya.
“Ih … gue setuju banget, tuh! Usul Deden emang brilian!” pekik Nora, siswi asal Jakarta, yang merangkap sebagai bendahara OSIS, dengan antusias. Sekedar info aja, Nora ini kekasihnya Deden Bernard. (Oh, pantes).
“Bener juga sih, tadinya gue juga mau usul kayak gitu! Biar keliatan sekolah kita tambah gaul gitu deh!” dukung Indi.
“Iya Wan. SMU kita kan bukan sekolah biasa. Kudu apdet sama status apapun yang lagi happening!” Adi ikut jadi kompor.
Jidat Wawan mengerut. “Maksud lo bukan sekolah biasa apa? Jadi sekolah kita sekolah luar biasa gitu?! SLB dong?!”
Yang lain pada ngikik.
“Tapi … gimana kalo acara aneh ini nantinya malah nggak ada yang minat?” tanya Adita, sekretaris OSIS.
“Gue rasa sih pasti Fivers antusias. Secara gitu loh, pesona geng sinetron Derenbow itu kan dahsyat banget!” Nora ngasih alasan sambil ngedipin matanya ke Wawan. Wawan sempet berpikir kalo anak itu tadi pagi pasti nggak diminumin obat cacing sama nyokapnya. Hihihi … Oya, Fivers itu sebutan gaul untuk siswa-siswi SMU 55.
“Elo pada yakin bakalan seru acaranya?” Wawan masih ragu.
“Tentu ajah! Kalo kita berhasil ngelobi Pak Kepsek, sayah mah yakin acara ini teh nantinyah bakalan bombastis, fantastis, and elastis!” jawab Deden geblek.
“Ih, gue setuju banget sama usulan Deden!” Nora memekik girang.
“Kenapa?”
“Karna dia pacar gue!”
“Yeeeeeee …!” Semua anak OSIS melotot ke Nora.
“Eits … maksud gue gini, gue setuju karna usulan Deden itu menarik!” Nora nyengir kuda. “Betul gak?”
“Gini aja deh, mendingan kita bikin polling Fivers aja dulu. Mereka setuju atau nggak dengan acara lomba geng-gengan ini?” Adita ngasih usul.
“Ah, kalo gitu nanti nggak surpres lagi dong!” protes Adi.
Dan akhirnya setelah melalui perdebatan panjang, huru hara, gontok-gontokan, cela-celaan, dan sempet juga pada main jitak-jitakan karna ada yang kentut pas lagi rapat nggak ngaku, akhirnya keputusan pun didapat.
“Okeh, gue setujuh!” tutup Wawan. “Dan rapat hari ini gue tutup sampai di sanah!
TOK! TOK! TOK! Suara sepatu Wawan diketok-ketok di atas meja.
“Intruksi!” acung Deden. “Bukan di sanah, Wan! Tapi di sinih.”
“Oh, iyah. Di sinih.” Wawan nyengir jijay.
Rapat pun bubar.
***
Hari Senin pagi, mading SMU 55 mendadak rusuh diserbu Fivers yang antusias dan penasaran dengan informasi yang diumumin di sana. Konon katanya ada berita seorang murid yang tertangkap BAB nggak disiram di toilet guru. Hah?! Mading sampai nggak keliatan lagi bentuknya. Fufu, Hepi, dan Zizi yang baru banget sampai di sekolah pada bengong ketika melewati mading itu.
Aya naon, sih? Rusuh banget. Udah kayak ngantri minyak tanah ajah!” seru Zizi yang sedang berjuang melewati barisan Fivers.
“Aduuuuuh … minggir atuh! Gue mau lewat!” Fufu kejempet-jempet.
“Hahaha, iiiiiihh … Pada bau banget sih keteknya semua!” Hepi susah bernapas. “Ziziiiii! Pupuuuuu! Tolongin Hepi dong! Haduuuh … susah lewatnya nih!” jeritnya begitu menyadari sebentar lagi dirinya bakal jadi perkedel dendeng lantaran kejempet-jempet.
Setelah berjuang sampai titik darah penghabisan, akhirnya mereka bisa lolos juga dan melewati kerumunan itu dengan selamat sentosa.
Rame banget! Emang ada apaan sih di mading?” tanya Zizi yang masih heran kenapa mading pagi ini berubah begitu ramai.
Hepi menoleh ke wilayah Mading. “Hahahaha … Ih, emangnya mading itu tempat apa sih?”
“Arrggh, dasar dongdong!” Fufu menoyor kepala Hepi.  “Lihat, yuk!” ajak Fufu.
“Ogah ah! Nanti aja pas jam istirahat. Mungkin lebih sepi,” tolak Zizi. Hepi setuju.

***
Lomba Launching Geng!!!
Hai … hai … Fivers yang cantik dan ganteng semua! Geng sekolah bukanlah hal yang tabu. Daripada kalian ikutan geng motor yang nggak jelas, digebukin, ditampar, disuruh kebut-kebutan, disuruh ngerampok, mending bikin geng cihuy bin asoy yang bertujuan positif.
Ikuti perlombaan launching geng buat Fivers semua!!!
Kriteria:
1. Geng ini wajib minimal terdiri dari 4 orang or lebih.
2. Boleh campur cowok dan cewek (asal jangan campur terasi :p).
3. Nama geng harus unik dan kudu mengandung filosofi yang keren.
4.Setiap geng yang terbentuk harus mengumumkan visi dan misinya dalam geng.
5.Pendaftaran di ruang OSIS sebelum tanggal 14 Oktober 2009 (tiap hari sekolah, soalnya kalau hari minggu yang ada cuma Mang Usup di sekolah :D).
6. Acara akan digelar seru dan meriah dahsyat dengan mendatangkan artis-artis keren (alumni-alumni yang pada jadi artis tentunya :p biar hemat biaya). Jangan lupa acara tanggal 16 Oktober 2009, jam 09 TENG sampai SELESAI di aula SMU 55.
Hadiahnya?!!
· Hmm … sementara waktu sih belum ada hadiah uang. Kecuali hadiah eksis di sekolah karena nama geng-nya yang cihuy punya terpilih.
· Hadiah lainnya berhak difoto close up dan dipajang di ruang OSIS, papan mading, dan papan keranjang basket! :D
·  Dapet traktiran dari Pengurus OSIS di Kantin 55 dan juga berhak poto bareng sama pengurus OSIS (special ketua OSIS-nya yang ganteng maudh!)

Salam Manis Ketua Osis Narsis,
Wawan Wandiawan
Note ini dari Pak Kepsek Semua Fivers wajib ikut!!! Kalau ada Fivers yang nggak ikut, hukumannya jalan kayang ngiterin lapangan SMU 55 dan mentraktir Fivers kelas 1, 2, 3 selama sebulan.

Fufu, Zizi, dan Hepi saling pandang membaca pengumuman itu, sebelum akhirnya mereka bertiga pingsan dengan sukses di tempat! BRUGH! Dan berbarengan dengan itu, ada seorang cowok di belakang mereka yang juga kompak ikutan pingsan.

***
“Oh ... jadi kamu tadi yang ikut pingsan juga?” Fufu mengulurkan tangannya ke cowok yang lagi duduk sendirian di kantin sekolah. Rupanya nama cowok itu adalah Punyot. Hihi, nama yang aneh. Fufu ngikik.
“Iya, tadi aku yang pingsan bareng-bareng kalian!” jawab Punyot.
“Hahaha, kenapa?” tanya Hepi, yang emang sesuai namanya selalu aja tertawa dulu setiap mau ngomong sesuatu. Kelakuan yang aneh!
“Kamu kaget juga yah sama ancaman Pak Kepsek?” serobot Zizi.
Punyot geleng. “Bukan, tapi karna aku lemes, belum sarapan dari pagi.”
“Yeeeeee ... kirain!” jawab cewek-cewek kompak.
Gara-gara pingsan berjamaah tadi, mereka pun jadi kenalan. Selanjutnya Punyot jadi makin akrab dengan mereka bertiga dan selalu ada dimanapun ada Fufu, Hepi dan Zizi berkumpul.
“Hahaha ... Kok aku nggak pernah ngeliat kamu yah sebelumnya?” Hepi memandangi Punyot. Menurutnya cowok ini lucu. Punyot itu ganteng tapi tampangnya polos dan lugu banget. Sayang kacamatanya yang segede pantat botol merusak keindahan di wajahnya.
Hepi bergumam dalem hati, seandainya aja Punyot nggak pakai kacamata, pasti gantengnya akan melampaui Sule. Lho?! Iya, menurut Hepi Sule OVJ itu adalah artis paling ganteng saat ini yang ada di TV. Anak yang aneh emang.
“Ya iyalah nggak bakalan ketemu. Punyot kan kelasnya beda, Pi!” jawab Zizi.
“Tapi, masa kita nggak pernah ngeliat dia sekali pun, jangan-jangan kamu hantu ya? Ayooo ngaku!” Fufu ikut memandang muka Punyot dalem-dalem.
“Hahaha ... Aduh Pupu, plis deh, mana ada hantu seganteng ini!” sela Hepi.
Punyot yang kini merasa berada di tempat yang salah, cuma bisa bengong bego lantaran bingung sekalinya dapet temen kok pada aneh-aneh gini. Oya, Punyot ini emang nggak punya temen sebelumnya di sekolah ini. Alasannya entahlah, yang jelas temen-temen di kelasnya bilang kalau dirinya itu cupu abis. Nggak enak diajak gaulnya.
“Udah ah, jangan pada ngaco terus. Niat kita kumpul disini kan untuk menghadiri rapat darurat!” Zizi menengahi.
“Hah? Rapat apah?” Punyot terkejut. Perasaan dirinya bukan anggota DPR, kok diajak rapat segala.
“Tentang lomba dudulipet itu,” terang Fufu.
“Iyah, jadi gini, Nyot. Kita bertiga sepakat mau ngajak kamu gabung dalem geng kita, gimana?” tambah Zizi.
“Oh, gitu.”
“Iya, kamu mau kan?!!” Fufu paling semangat.
Hepi meledek. “Hahaha … Si Pupu mah semangat banget deh!”
Fufu buru-buru melotot. “Pupu, Pupu! Nama gue Fufu, pake F!”
“Hahaha ... Iyah tau! Pupu!” Hepi melengos cuek.
Punyot dan Zizi tersenyum simpul mendengar lidah Hepi yang nggak pernah bener menyebut nama temennya yang satu itu. “Harrggh!” Fufu menahan gondok.
“Nama gue tuh Fufu! F-U-F-U, bukan PUPU!” suara Fufu makin nyaring.
“Hahahaha ... Yang salah orangtua kamu! Udah tau orang Sunda paling susah suruh nyebut F, malah dikasih nama Fufu!” Hepi berusaha sekuat tenaga nyebut huruf “F”.
“Nggak semua orang Sunda nggak bisa ngomong F!” Fufu belum juga terima nama uniknya diubah-ubah.
 “Udah deh, kok malah ribut sih. Kita kan ngumpul disini buat ngebahas perlombaan geng itu, bukan malah ngurusin hurup P sama F!” Zizi kembali menengahi.
Hepi dan Fufu akhirnya berdamai.
“Jadi gini, Nyot, kalo kita nggak ikut lomba itu, kita bakal bengek disuruh ngiterin lapangan upacara sambil kayang. Kita sih ogah banget! Nah, makanya kita ngajak kamu. Berhubung syaratnya minimal harus 4 orang, dan kita cuma bertiga.”
Punyot cuma manggut-manggut. Dia nggak nolak. Malah dia sebenernya seneng banget, karna akhirnya ada juga di sekolah ini yang mau bertemen dengannya. Paling nggak ngajak dia bergaul. Dia bersyukur karna tiga siswi aneh ini udah dengan ikhlas meminta dirinya buat ikutan gabung mengikuti lomba geng-gengan ini bersama mereka. Punyot membayangkan gimana jadinya seandainya aja dia nggak dapet temen buat dijadiin geng sampai waktu perlombaan tiba? Pasti hanya dia sendiri yang akan kena hukuman Pak Kepsek. Hiiii ... nggak kebayang akan tambah gimana malunya.
“Yes!” Fufu melonjak seneng.
“Hahahaha.” Hepi tertawa ngakak. Fufu melengos, “ih, nggak bisa apa sehari nggak ketawa?! Berisik tauk!”
“Udah ah, jangan berantem mulu. Oke ... kalo gitu sekarang kita mulai mencari nama yang bagus buat geng kita ini. Inget, namanya harus unik dan punya filosofi?” Zizi mengeluarkan notes dan pulpen dari sakunya.
“Geng Cantix! Soalnya kita kan cantik-cantik semua! Hahahaha ...” Hepi nyeletuk keras. Fufu langsung melotot.
“Terus ... Punyot ikutan cantik, gitu? Emangnya dia bencong!” sewot Fufu.
Punyot manggut-manggut, setuju dengan ucapan Fufu. Masa namanya Cantik sih? Nggak ada yang lain apa?
Hepi langsung manyun. Zizi malah ngikik.
“Ya udah ... gini aja. Masing-masing bikin lima nama di kertas. Nah, nanti kita rembukin mau sepakat pilih yang mana,” Zizi selalu emang paling tokcer idenya. Yang lainnya setuju dan mulai menulis di kertas masing-masing.
Hepi tiba-tiba menyela ketika mereka sedang asyik mencoret usulan nama-nama geng. “Hahahaha ... Eh, eh ... kalo Cantik nggak boleh, gimana ... kalo namanya Prabu Kiansantang aja? Setuju ya!”
“NGGAK!!!” kedua temennya kompak melotot. Punyot bengong.

***

Akhirnya, hari perlombaan itu tiba juga. Pagi itu aula sekolah udah penuh sesak sejak jam 6 pagi. Bujug buneng ... padahal acaranya aja baru akan dimulai jam 9 nanti. Alhasil para pengurus OSIS yang belum siap jadi pontang-panting nyiapin kursi yang belum tersusun rapi. Semua Fivers antusias. Bayangin aja, baru jam 7 semua Fivers yang jumlahnya sekitar 1400-an kepala, udah numplek semua di aula.
“Selamat datang Paipers, eh maksud sayah Fivers semuanya,” Wawan memulai pidato pembukaannya.
“Hidup Wawan! Hidup Wawan! Hidup OSIS manis kita!” suara gemuruh Fivers mulai membahana di seisi aula. Mereka mulai mengelu-elukan Wawan yang mulai ke-geer-an di depan panggung. Padahal niat anak-anak sih nggak tulus. Cuma biar nama gengnya terpilih aja. Hihihi.
Hepi juga nggak ketinggalan ikut mengelu-elukan Wawan. “Elu! Elu! Elu! Hahahaha ...”
“Saya tidak menduga kalau acara ini akan semeriah ini. Saya pun tidak menyangka kalau Fivers semua akan mengikuti acara ini, hiks, hiks ...” Pak Kepsek tersedu haru waktu ngasih pidato sambutan.
Semua Fivers inginnya sih langsung ngelemparin sepatu mereka ke panggung, tapi mereka takut Pak kepsek langsung men-DO mereka di tempat. Yaiyalah, jelas aja mereka semua ikutan acara ini. Lha wong diancem! Dasar Kepsek reseh, pura-pura nggak tau, padahal dia sendiri yang ngancem akan ngasih hukuman kalau sampai ada anak yang nggak ikutan acara ini. Huh!
Setelah pidato Kepsek yang panjang lebar dan bikin seluruh Fivers ngantuk selesai, akhirnya acara lomba Launching Geng dimulai.
Hampir semua Fivers menamai geng mereka dengan nama yang keren dan semuanya berbau bahasa Inggris. Seperti Flowers Before Boy, Red Hot Sexiest, Metal Combat, Little Pinky, Power Ranger in Pink, Fivers Forever, sampe ada nama geng Paris Hilton Lovers, Jackson Fivers, Mother Lover, dan lainnya. Kayaknya anak fivers udah terkontaminasi sama Cincya Lawurah semua, deh! Mainnya barat-baratan mulu.
“Gila! Pada niat banget sih bikin nama gengnya!” Fufu duduk gelisah. Tangannya memegang nomer urut 87.
“Pegel … pegel! Masih urutan 70 nih! Bisa sampe dua hari dua malem baru beres nih acara!” masih ucap Fufu bete sambil memandang lesu ke arah panggung.
“Hahaha … Eh, gimana kalo kita ganti aja nama geng kita. Liat aja, nama geng-nya semua Inggris gitu! Nama geng kita aneh sendiri tau!” Hepi melirik ke arah Zizi.
Tapi Zizi menggeleng. “Jangan! Itu udah bagus.”
“Hahaha ... Bagus dari mananya?”
“Udah, diem ah!”
Dibentak gitu, Hepi langsung cemberut.
Setelah lama menunggu, akhirnya geng mereka pun tampil ke panggung.
“Okeh, silakan perkenalkan nama geng kalian!” kata Yuyun yang bertugas sebagai MC dengan centil.
Zizi langsung ngambil mic. Dalem geng ini dia yang bertindak selaku ketua. “Ehm … baik, perkenalkan nama geng kita adalah … Ehm, adalah …” Zizi menoleh ragu ke arah temen-temennya di samping.
Proudly present … GengGONG!”
“Huuuuuuhh … kampungan pisan!” teriak seorang siswa.
“Nggak nyeni, euy!” sahut yang lainnya.
Semua penonton kompak bersorak meledek. “Nama yang aneh! Seaneh personilnya!”
“Iiiihh … sabar dulu dong! Kan kita belom jelasin filosofi dari nama geng kita itu!” Fufu langsung sewot. Untung panggung nggak diacak-acak sama dia. Punyot melongo aja.
Hepi dengan pede kemudian merebut mic dan berteriak. “Hahahaha … Arti GengGONG adalah geng yang nggak banyak bo’ong, nggak dongdong, nggak suka nyolong, nggak suka nongkrong di gorong-gorong, nggak suka masakan gosong, dan selalu merasa plong serta rajin menolong namun jarang menggonggong!”
“Hidup GengGONG!” sorak Fufu kenceng. Diikuti personil yang lain. Hepi pakai acara joget-joget segala. Kebangetan tuh anak geblek-nya!
Tak disangka tak dinyana, tepuk tangan penonton langsung berubah membahana. Aula bergemuruh. Mereka semua berubah malah jadi memuji filosofi gengGong. “GengGong mantap!”
I luv u pull!” teriak Udjo histeris.
Zizi dan gengnya tersenyum lega. Mereka kemudian turun dari panggung sambil loncat nggak jelas. Hepi masih sambil joget-joget. Ya, GengGONG akhirnya terbentuk. Meskipun mereka nggak jadi pemenang, seenggaknya nama geng mereka paling unik di antara Fivers lainnya dan begitu membekas di benak anak-anak Fivers. Indonesia banget! Dan yang paling penting lagi, setidaknya keempat siswa-siswi yang merasa tersingkirkan dari pergaulan di antara Fivers ini, kini menemukan ke-eksis-annya walau baru secuil upil gajah di belantika pergaulan SMU 55. (Sekedar info aja, upil gajah itu gede tauk! Hehe). Dan mereka pun terhindar dari ancaman siksaan jalan kayang ngiterin lapangan upacara SMU 55 jika sampai nggak ikutan acara perlombaan ini.  Hidup GengGONG!!! []

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengintip Dapur Pengabdi Cilok (Bagian 1)

Kaver novel terbaru saya: Pengabdi Cilok (Gramedia Pustaka Utama, Februari 2018) “Bagi Bone, cilok adalah separuh jiwanya. Apapun yang terjadi dalam hidupnya, harus berhubungan dengan cilok. Titik! Begitupun urusan nyari jodoh. Kalau cewek itu nggak jago bikin cilok, jangan harap bisa jadian sama Bone! Hihihi. Suatu hari, Bone berjumpa dengan sebungkus cilok di sekolah. Begitu dicicipi, emejing, rasa ciloknya juara banget! Edanlah pokoknya! Bone pun penasaran, siapa pemilik sekaligus pembuat cilok itu? Dengan dibantu temannya, Bone lalu mengadakan sayembara. Jika pemilik cilok ternyata cowok, bakal dikasih hadiah Iphone terbaru. Tapi, jika pemilik cilok ternyata cewek, bakal langsung dijadiin pacar sama Bone! Asyiik! Masalah jadi runyam ketika ternyata pembuat cilok itu janda beranak satu. Huwaaa! Jelas Bone jadi panik setengah mati. Apa kata dunia nanti? Bone pacaran sama emak-emak? Oh, tidaaak! Cilok membawa Bone pada kisah percintaan yang sungguh amburadul. Lan

Layaknya Bunga, Kita Memang Harus Bertumbuh dan Berkembang

Lebaran kali ini (2019), film yang paling saya tunggu adalah Ghost Writer besutan Bene Dion. Film ini bertema komedi horor, walau pada kenyataannya, sisi dramanya pun bisa dibilang cukup kental terasa. Sebelumnya, banyak yang keliru menyangka bahwa film ini adalah filmnya Ernest Prakasa. Padahal yang benar adalah Ernest justru di film ini bertindak selaku produser, bukan lagi sutradara seperti di film-film dia sebelumnya. Memang, pada perjalanannya, sebagai produser, Ernest juga banyak turut andil dalam proses editing pasca produksi. Namun, ketika ditanya, Ghost Writer itu film siapa? Ernest mantap menjawab bahwa GW adalah filmnya Bene Dion. Sekilas, film Ghost Writer bercerita tentang Naya yang harus pindah ke sebuah rumah tua bersama adiknya karena desakan ekonomi. Di rumah itu, Naya kemudian menemukan sebuah buku diari milik Galih, yang ternyata sudah meninggal, dan menjadi hantu penunggu rumah itu. Galih tidak terima buku diarinya dicuri. Akhirnya, demi sebuah proyek penu

Ratjoen Itu Bernama Materi dan Sanjung Puji

Gambar: http://www.portseo.web.id Beberapa pekan belakangan, jagad media sosial (terkhusus yang berkaitan dengan dunia literasi) ramai membahas kasus plagiarisme yang dilakukan seorang penulis (bolehlah dibilang muda) berinisial DE. Tidak tanggung-tanggung, puluhan cerpen dan beberapa novel (saya tidak punya data khusus, sumber hanya dari teman-teman penulis, pen)—yang hampir semua sudah dimuat di media massa dan terbit di beberapa penerbit nasional—terbukti hasil plagiat dari karya milik penulis lain. Entah apa motivasi dan alasan DE melakukan kejahatan ini, saya tak ingin membahasnya dalam tulisan ini. Yang jelas, bagi saya plagiarisme merupakan tindak kejahatan, sama seperti pencurian, korupsi, pemerkosaan, dan tindak kejahatan lain. Jika merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), plagiat memiliki arti pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya